Berbatikku Lestarikan Aset Budaya Nusantara

Motif Batik Nusantara Seni Rupa tradisional yang Mendunia

Batik adalah salah satu seni rupa traditional tapi telah mendunia yang menggunakan kain sebagai objeknya, dan dengan Canting dalam menuangkan ide, inspirasi dan kreasi karyanya dalam bentuk goresan corak atau motif  tumbuh-tumbuhan, hewan, benda dan apapun yang memiliki nilai estetika seni dan sarat  filosofi. Kain Batik di dekade era baru tidak hanya melulu berbentuk  secarik kain yang biasa di pakai para ibu-ibu di dareah sebagai kemben (kain pelengkap bawahan) saja di dalam berbusana pakaian kebaya ataupun berpakaian Daerah lainnya akan tetapi digunakan juga sebagai bahan inovasi dalammemodifikasi berbagai bentuk Handycraft art, aneka busana. Mulai dari, Merchindise(kaos), baju, tas, jaket, sandal-sepatu, topi dan lain-lain yang kian nampak elegan dan menambah kesan berkarakter bagi sang pemakainya. Betapa tidak, saat ini Fashionstore baik Butik Batik yang menjual dagangannya secara langsung maupun Batikstore Online yang dijajakan menggunakan jasa Internet. menawarkan berbagai produk pakaian dan barang-barang bermotifkan Batik.

berbatik01
Adalah www.berbatik.com e commerce Berbatik pertama di Indonesia yang memasarkan berbagai produk yang bersentuhan langsung dengan motif Batik tersebut di setiap barang yang ditawarkannya.
Sudahkah Anda berbelanja Batik hari ini?
Hal itu setidaknya banyak membantu bagi para konsumen dan pecinta batik dalam men-share, berbagai informasi dengan sesama komunitas pecinta batik tentang berbagai motif, produk dan dengan mudah pula mendapatkannya kapan saja tanpa dibatasi oleh jarak hanya dengan mengklik di Link www.berbatik.com tersebut.Tentu ini bukti kesadaran akan pentingnya menumbuhkan dan mempertahankan warisan nenek moyang dari kepunahan dengan menjadikannya sebagai aset yang bernilai jual tinggi harus terus di genjot dan digalakan terus menerus baik secara promosi, produksi maupun pendistribusian produk batik itu sendiri, agar secara ekonomi para pengusaha dan penggiat seni rupa terutama pengrajin Batik di daerah turut merasakan manfaatnya . Karena selama ini nasib para pengrajin terutama mereka yang dipekerjakan di sentra produksi Batik diperlakukan kurang manusiawi dalam menerima upah dari hasil kerja kerasnya. Sehingga banyak generasi muda yang ogah untuk menjadi pengrajin Batik dan memilih mencari pekerjaan lain di kota-kota besar bahkan di luar negeri meskipun jenis pekerjaannya tidak jauh beda sebagai buruh juga. Sekarang tinggal bagaimana mengelola kekayaan aset bangsa tersebut dengan menumbuhkannya tidak hanya sebatas sebagai nilai seni kebanggaan Negeri tapi juga diharapkan nantinya dapat turut mensejahterakan para pengrajin sentra produsen Batik terutama bagi generasi penerus untuk dapat mencintai dan mau meneruskan  warisan leluhur Bangsa ini demi kesinambungan, eksistensi Batik itu sendiri di tanah air pada masa yang akan datang.
Hampir di seluruh lini kehidupan bangsa Indonesia Produk Batik mulai terus dikembangkan keberadaan dan pemanfaatannya. Seperti sebagai bahan kain seragam pegawai kantor pemerintahan dan swasta, seragam siswa di sekolah-sekolah maupun dalam acara-acara resmi yang di Launching dari berbagai sektor kegiatan pemerintahan dan Swasta.  Motif batik yang notebone khasanah warisan negeri sering pula kita jumpai di berbagai motif dalam seni Handycraft lainnya misalnya dalam memodifikasi warna tembok rumah, furniture, hasil kerajinan sampai kendaraan bermotor maupun mobil. Pokoknya Batik telah bermasyarakat dan berusaha mengakrabi kehidupan Bangsa Indonesia.
Dulu sudut pandang Bangsa ini sebelah mata ketika melihat orang lain yang memakai pakaian Batik seringkali memperolok-oloknya dengan sebutan udik, endesokatro ataupun image yang sangat menggangu gendang telinga lainnya. Tapi kini sudah bergeser kepandangan era ekslusifitas seseorang, karena memakai kain bermotif Batik adalah suatu kebanggaan dan nilai plus bagi si pemakainya bahwa dirinya bangga sebagai bagian dari Bangsa Indonesia yang telah turut melestarikan dan mempromosikan aset warisan nenek moyang di kancah Dunia fashion baik dalam negeri maupun di Mancanegara.  Sudah barang tentu dengan langkah pertama berbelanja dan memakai Baju bermotif Batik berarti telah turut mengharumkan nama Negeri di kancah pergaulan dunia Global yang sarat akan persaingan dan inovasi-inovasi baru dalam berbudaya dan berbangsa. Bak sebuah pepatah para pujangga dalam bersajak,Malam menghitam itu berlalu berganti sang fajar beranjak menepi menjelma sang dewi surya bersolek cantik”.
Hal ini memicu para steackholder Batik untuk dapat meng-hak patenkan ribuan motif Batik Nusantara guna memback up pengakuan sabotase dari bangsa lain terutama negara tetangga yang sempat bersitegang mengklaim Batik bagian dari kebudayaan mereka.
Adalah  pada Tahun 2009 UNESCO (Organisasi Dunia di bidang pendidikan dan kebudayaan PBB) telah menetapkan bahwa Batik adalah produk asli milik dan warisan kebudayaan nenek moyang Bangsa Indonesia. Itu berarti dunia telah mengakuinya secara de jure maupun de facto, bila melihat dan mendengar kata ‘Batik’ berarti ya, Indonesia. Mengapa hal ini penting?
Sebab Batik merupakan salah satu aset Bangsa Indonesia yang harus di jaga dan dilestarikan keberadaannya, karena Batik juga sebagai ciri dan identias bangsa Indonesia dalam pergaulan antar bangsa-bangsa di Dunia. Dan ada satu hal yang lebih penting lagi, yaitu berkembang dan lestarinya BatikNasional berarti juga akan menumbuhkan ekonomi berbasis kerakyatan yang kreatif, inovatif, mandiri dan mampu mensejahterakan ekonomi Bangsa Indonesia.
Diberbagai daerah di Indonesia memiliki banyak kantong produksi Batik nasional dan beraneka ragam ciri motif khas dareahnya masing-masing, seperti diantaranya, Batik Solo, Batik Kudus, Batik Pekalongan.Batik Trusmi Cirebon dan Batik Indramayu yang sering di kenal dengan sebutan Batik Paoman atau Batik Pesisir serta di berbagai dareah luar pulau jawapun kini mulai bergeliat berkembang dengan ketrampilan kain tenun yang sering kita kenal dengan kain songket dari ranah Minang pulau Sumatera dan Kalimantan. Semoga keanekaragaman motif batik dan budaya negeri ini akan menambah kekayaan Budaya seni rupa tradisional, membawa berkah, meningkatkan kemakmuran dan kejayaan Bangsa Indonesia. @sutris.inoy

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s