Mengenang Wasiat Nenek Moyang, Dengan Rutin Mengkonsumsi Ramuan Tradisional

Posted: Mei 6, 2017 in HerbaDrink, Uncategorized
Tag:

Kebiasaan duduk berlama-lama di depan meja Komputer tak jarang membuat tubuh ini terasa sakit karena otot kaku mengejang. Badan terasa pegal-linu bercampur aduk jadi satu, badan pun ikut meriang sakit jadi males ngapa-ngapain. Kondisi tubuh  ngehank  seperti Kompi ngadat yang pengen updeting kian menjadi-jadi, masalah pencernaanpun datang melanda susah buat BAB, timbul rasa mual (morning sickness) hadir setiap bangun tidur di pagi hari.

Bila kondisi tubuh Ngedrop kaya gini,  jadi pikiran “keingetan” sosok Almarhumah Nenek. Ya, Nenekku sosok figur yang dulu mengasuh dan membesarkanku setelah kedua orangtuaku bercerai dan memutuskan hidup berpisah, saling sibuk dengan kehidupannya masing-masing. Kehidupan akupun terpisah dengan mereka, dibesarkan dan di didik  Kakek dan Nenekku di sebuah kampung  yang jauh dari berbagai macam fasilitas yang serba instant dan mewah.

images (7)Di saat aku mengeluh sakit akibat kecapean karena asyik seharian bermain dengan teman-teman sepermainanku. Berlari-larian kesana-kemari, dengan bermain berbagai macam mainan tradisional maupun main sepakbola yang bolanya hanya terbuat dari buntelan plastik bekas di pekarangan rumah. Sosok Nenekku  yang selalu telaten merawat dan mengasuhku, rajin memberiku segelas ramuan tradisional pada saat aku susah makan dan ataupun pada saat badanku mulai terasa pegal dan letih. Entah ramuan apa itu, akupun dulu kurang mengerti, yang pasti pahit banget rasanya, bila terkecap Lidah dan terasa pahit getir di tenggorokan ini setelah mengkonsumsinya. Tak jarang pula aku menolak untuk meminumnya, meski Nenek sering mengiming-imingiku dengan sepiring Singkong goreng kesukaanku, agar aku mau meminumnya. Walaupun… kemudian tak jarang Singkongnya harus jadi barang rebutan antara Aku dengan Kakek yang sedikit ngomel minta di rebus aja jangan di goreng, sebab kalo di goreng nanti kakek gak bisa ikut makan, singkongnya jadi keras sih kalo di goreng.. Kakekku kan giginya gak ada, sudah ompong… jadi sulit untuk mengigit dan mengunyahnya…. Hehe

images (6)

Ada kejadian lucu pernah kualami bertiga bersama Nenek dan kakekku yang masih aku ingat sampai saat ini. Pada suatu hari saat liburan sekolah aku di minta nenekku untuk pergi ke Kebun menyusul Kakek yang sedari pagi tadi Kakek sudah berangkat berladang ke kebun untuk menanam bibit Jagung dan memanen sedikit Singkong. Dengan langkah sedikit gontai aku berjalan di galengan ladang pesawahan yang masih jembar (terlihat luas) karena baru saja di tanduri (ditanami Padi).  Semangat kecilku tetap bergelora sambil menenteng (membawa) sebuntel rangsum untuk makan siang Si Kakek peyotku itu, walapun sedikit harus bersusah payah, jatuh bangun di galengan pematang sawah yang licin karena rumput yang berembun.

Nenek sempat bilang, Nang, Kyen gawa Rangsum Nggo Bapak tua, lan Mun mulih Meng Umah Mengko Aja klalen nggawa Kunir ya Nang, nggo goreng Boled solor!” (De, ini bawa Rangsum buat Kakek nanti kalo pulang ke rumah jangan lupa bawa Kunyit, Ya Dek buat menggoreng Singkong!). Aku hanya menganggukan kepalaku saja menjawab perintah Nenekku itu.

Singkat cerita…

singkong gajah

Sesampainya di Kebun kakek, aku asyik bermain tanah liat sambil berkebun bantuin kakekku memanem sedikit Singkong dan menanam bibit Jagung hingga waktu sorepun datang, dan saatnya untuk kembali pulang ke rumah, Sambil bersiap-siap pulang, aku bertanya sama Kakek, “Bapak Tua.. jare Smbok tua, ngkon gawa Kunir jeh nggo goreng boled solor…! (Kakek .. kata Nenek di suruh membawa Kunyit buat menggoreng Singkong…!)

Sambil sibuk merapikan alat bercocok tanamnya, si Kakek cuma nunjukin jarinya kalo tumbuhan yang namanya kunyit itu ada di sebelah kiri gubug kebun Kakek dan beliau menyuruhku mengambilnya…

Langsung saja tanpa Ba-bi-bu dan serba sok tahu, aku cabut 2 pohon dan ambil juga tuh tanaman yang kukira Kunyit... dan aku bawa pulang…

images (5)

Sesampainya di rumah aku langsung bantuin Nenek ngupas Kunyit.. dan menumbuknya untuk campuran bumbu goreng Singkong andalan Nenek dan sekaligus kesukaanku…

Setelah Singkong itu selesai di goreng Nenek, Apa yang terjadi? Akupun bergegas nyomot dan menikmati sepotong singkong goreng buah karya Nenekku tadi. Akan tetapi.. kok rasanya beda… terasa pahit gini….. aku bilang sama Nenek, kok Singkong goreng rasanya sekarang beda bukan gurih tapi pahit, Nek? Kemudian Nenekku pun ikut menyicipi  Singkong  goreng itu… Nenekku turut merasa aneh pula. Kemudian nenek bergegas memeriksa bekas tumbukan bumbu yang sempat kutumbuk tadi dan menyicipinya, lalu….

Nenekku pun merem-melek menikmati rasa sisa bumbu Singkong goreng yang terasa pahit. Sambil tersenyum geli dan dengan sabar Nenek menjelaskan penyebab mengapa Singkong goreng andalannya itu terasa pahit. Ealaa.. Gusti Pangeran aku tadi di Kebun salah mencabut dan membawa tanaman rempah… yang diamanatkan Nenek untuk aku ambil dan aku bawa, ternyata… bukan Kunyit  tapi  Temulawak.

Tekunyit

Kakek yang sedari tadi manyun di beranda rumah karena jatah rebusan Singkongnya di Goreng, jadi ikut terkekeh…

Itulah bedanya Aku sama Kakek, Kalo Kakek rajin suka minum ramuan Sari Temulawak dan  ogah makan gorengan Singkong karena giginya sudah ompong tapi penyabar, penyayang dan suka guyon (humoris). Kalau aku suka  Singkong Goreng buatan Nenek tapi ogah minum ramuan Sari Temulawak yang rasanya pahit, dan  kebiasaanku suka tergesa-gesa dan suka Baperan (bawa-bawa perasaan, gitu..).

12398926_980899961949308_206792615_n

Sosok Kakekku yang tetap Sehat Bugar Meskipun usianya di penghujung Senja. Tapi tetap semangat beraktifitas mengolah Ladangnya yang tak seberapa untuk ditanami sayuran Genjer dan Kangkung

Makanya gak aneh kalau kondisi Kakek masih terlihat Fit dan segar bugar sampai sekarang ini meskipun usianya hampir di atas 80 Tahun lebih. Ternyata rahasianya si Kakek rutin mengkonsumsi HerbaDrink produk ramuan tradisional nenek moyangku  Sari Temulawak.

Kini setelah lama Nenekku berpulang  Kerahmatullah, kepangkuan Yang Maha Kuasa, dan aku mulai beranjak dewasa, aku jarang meminum ramuan tradisional buatan beliau lagi. Sampai suatu saat ketika aku mengeluh dengan kondisi badanku yang mulai Ngedrop, seorang teman sejawatku menganjurkan aku untuk meminum produk HerbaDrink Sari Temulawak. Pada mulanya mendengar kata Temulawak  saja aku sempat begidik dan menolaknya, terbayang dong, dengan rasanya yang super duper pahit itu. Tapi, berawal dari icip-icip dan merasakannya sedikit-sedikit.. kok beda, ya…. Ternyata…. rasanya enak gak pahit seperti ramuan tradisional Temulawak racikan Nenekku dulu…

Sari

HERBADRINK adalah salah satu minuman herbal alami yang dibuat berdasarkan resep tradisional Indonesia, di proses menggunakan teknologi modern dengan mempertahankan manfaat alaminya. Dikemas secara praktis dan higienis, tinggal seduh, bersih, tanpa pengawet dan tanpa endapan dengan rasa yang enak dan segar.

Temulawak sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, berikut ini adalah beberapa diantara manfaat temulawak tersebut :

1. Memelihara Fungsi Hati
2. Mengurangi radang sendi
3. Masalah pencernaan
4. Membantu Menurunkan Lemak Darah
5. Melawan Kanker.
6.  Obat Penyembuh Heptitis
7. Meredakan derita Asma
8. Pengobatn untuk sakit ginjal
9. Menyembuhkan bisul
10. Temulawak efektif untuk mengatasi rasa mual terutama morning sickness
11. Mengurangi kelelahan Otot

Selain 11 point di atas, temulawak juga dapat berperan dalam berbagai bidang kesehatan seperti :

  • Sebagai Antioksidan
  • Mencegah darah kotor
  • Melancarkan haid
  • Obat untuk jerawat
  • Obat untuk komedo
  • Membersihkan wajah
  • bahan herbal kecantikan
  • Meningkatkan mood
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Mencegah insomniaimg1432906144724

HERBADRINK tersedia pula dalam 7 varian yaitu, seperti Sari Jahe, Sari Temulawak, Kunyit Asam, Kunyit Asam Sirih Plus Madu, Chrysanthemum, Beras Kencur dan Kopi Ginseng. Dan Hebatnya  lagi semua varian produk HerbaDrink bisa dinikmati dengan campuran es batu jika suka dengan minuman dingin, loh…

Resep-Jamu-Beras-Kencur

Akhirnya akupun kembali rutin mengkonsumsi ramuan tradisional Sari Temulawak HerbaDrink tiap hari, dan langsung merasakan khasiatnya, kondisi tubuhku kini terasa ringan bugar, sehat tetap terjaga meskipun seharian beraktifitas berkutat di depan Kompi mengerjakan berbagai aktifitas sehari-hari. Dengan HerbaDrink Kondisi tubuh jadi Sehat kuat, Kerjaan pun tuntas Bebas Blass, Coba deh!. @SutrisInoy

Iklan
Komentar
  1. elia berkata:

    artikel yang sangat bagus detail dan ada humornya, herbadrink memang minuman berkhasiat pilihan keluarga Indonesia

  2. Apri yenni berkata:

    Artikelnya bagus…. Nenek pasti tau yang terbaik dan HerbaDrink memang minuman dengan segudang manfaat….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s